Tips Cara Mengendarai Motor Kopling Saat Belok

Untuk kawan otomotif yang masih belajar mengendarai motor kopling, salah satu bagian yang sulit adalah belajar cara mengendarai motor kopling saat belok. Motor kopling adalah motor manual yang gigi atau koplingnya harus disesuaikan saat berjalan. Dimulai dari gigi 1 hingga gigi 4 (normalnya, ada juga yang gigi 5) ini untuk kecepatan rendah hingga tinggi. Memindahkan gigi pun bukan hal mudah bagi pemula.

Motor laki memang khas dengan fitur kopling manual, meskipun dianggap sebagai hal yang menyusahkan akan tetapi kopling manual memberikan banyak kesenangan dan kelebihan dibandingkan dengan kopling otomotis semisal di motor bebek atau skuter matic.

Cara Mengendarai Motor Kopling Saat Belok

Sobat otomotif harus berani dan belajar secara perlahan ketika memainkan kopling supaya kendaraan bisa awet dan melaju dengan baik. Ada beberapa tips memindahkan gigi pada motor kopling, sebagai berikut

1. Pindahkan gigi dan kurangi kecepatan
Sama halnya dengan memindahkan gigi pada mobil, cara memindahkan gigi pada motor adalah dengan mengurangi kecepatan. Kecepatan tinggi justru akan menyulitkan untuk memindahkan gigi. Jika akan memindahkan gigi maka otomatis kurangilah kecepatan.

2. Tahan kopling dan pindahkan gigi secara bersamaan
Pada motor kopling untuk memindahkan gigi bukan hanya mengurangi kecepatan. Namun juga menahan kopling secara bersamaan saat menginjak gigi. Pada pemula hal ini menjadi bagian yang sulit. Sebab jika tidak bersama akan sangat terasa dan bahkan motor bisa mati mendadak. Untuk itu harus dilatih agar bisa memindahkan gigi dengan “luwes”.

3. Jangan tergesa-gesa mengembalikan kopling
Tips berikutnya adalah jangan tergesa-gesa mengembalikan kopling. Lepas kopling dengan perlahan dan imbangi dengan menambah gas. Jika terlalu tergesa-gesa maka motor tidak bisa melaju dengan mulus.

Mengendarai motor baru kopling pada jalan lurus mungkin hal yang mudah, namun mengendarai motor kopling pada saat belok belum tentu. Sebab pada kondisi belok pengendara harus tau posisi motor di gigi berapa. Inilah cara mengendara motor kopling saat belok

1. Kurangi kecepatan
Pada saat berjalan lurus dengan kecepatan tinggi dan bertemu dengan belokan maka segera kurangi kecepatan. Anda tidak mungkin belok dengan kecepatan yang tinggi. Hal ini bisa membahayakan sebab motor dengan mudah bisa terjatuh sebab kurangnya keseimbangan.

2. Posisikan motor pada gigi 1 atau 2
Setelah mengurangi kecepatan segera kurangi gigi. Pada saat belok posisikan gigi pada gigi 1 atau 2. Gunakan kecepatan rendah dan jaga keseimbangan motor.

3. Posisikan motor cenderung miring
Lain halnya pada jalan lurus, posisi motor saat belok lebih baik cenderung miring. Tidak perlu terlalu miring seperti pembalap, namu posisi sedikit miring ini akan menjaga keseimbangan motor saat berbelok. Cara mengendarai motor kopling saat berbelok yang lain adalah jangan terlalu kaku pada saat berbelok.





0 Response to "Tips Cara Mengendarai Motor Kopling Saat Belok"

Poskan Komentar