Mudahnya Cara Bayar Pajak Motor Secara Online

Cara bayar pajak motor secara online membantu memudahkan Anda untuk melunasi tanggung jawab sebagai pajak. Dengan layanan yang bernama E-Samsat ini, Anda bisa memanfaatkan ATM, Mobile Banking, dan Internet Banking di mana saja untuk membayar pajak tanpa harus pergi ke Samsat. Anda pun tak perlu menghabiskan waktu untuk mengantre membayar pajak.

Setiap kendaraan yang kita tunggangi harus dibayarkan pajak supaya tidak mendapatkan sanksi dari penjaga lalu lintas atau petugas departemen perpajakan, dan juga pajak katanya untuk pembangunan namun sayang banyak kecelakaan terjadi karena jalan yang rusak, bolong dan lainnya. Padahal kita menginginkan juga perbaikan jalan yang rusak dari kegiatan membayar pajak baik itu konvensional atau lewat online.



Sistem pajak online merupakan inovasi yang dilakukan pemerintah untuk semakin memudahkan wajib pajak sekaligus untuk menghindari keterlambatan pembayaran pajak. Layanan ini bisa dinikmati di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Aceh.

Untuk Anda yang berminat memanfaatkan layanan ini, berikut share blog harga motor terbaru adalah beberapa langkah tips membayar pajak motor secara online yang perlu dilakukan:

1. Lakukan registrasi di website Samsat

Sebelum melakukan pembayaran, Anda harus melakukan registrasi di website Samsat sesuai dengan domisili, misalnya untuk Anda yang berada di Jawa Timur, akseslah situs www.esamsat.jatimprov.go.id. Di website tersebut, Anda akan diminta untuk mengisi kota lokasi, nomor polisi, dan kode keamanan. Dengan mengakses website tersebut, Anda akan mendapatkan informasi tentang besarnya pajak yang harus dibayar.

2. Masukkan nomor BPKB

Setelah melengkapi data, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor BPKB dan juga memilih Samsat dan Bank yang akan menjadi tempat untuk membayar. Jika tahap ini sudah dilewati, Anda akan mendapatkan verifikasi dan pemberitahuan tentang lokasi dan Samsat untuk mengambil notice pajak. Anda juga akan mendapatkan kode pembayaran yang perlu disiapkan saat proses pembayaran. Semua tahap secara online ini memerlukan data yang detail dan membutuhkan verifikasi, sehingga keamanannya sangat terjamin.

3. Lakukan pembayaran ke bank terdaftar
Kode bayar yang sudah Anda dapatkan akan digunakan saat proses pembayaran di ATM atau Teller bank terdaftar. Bank untuk masing-masing provinsi berbeda, misalnya area Jawa Timur menggunakan Bank Jatim sebagai tempat pembayarannya.

4. Lakukan pengesahan STNK di Samsat
Jika proses pembayaran di bank telah selesai, Anda akan mendapatkan kode bukti pembayaran yang digunakan untuk pengesahan STNK. Lakukan pengesahan STNK tahunan di lokasi Samsat yang telah ditentuan. Saat melakukan pengesahan, sertakan BPKB, STNK, dan KTP.

Dengan layanan E-Samsat, membayar pajak jadi lebih mudah dan cepat. Tak ada alasan lagi untuk terlambat membayarr pajak kendaraan Anda. Cara bayar pajak motor secara online yang mudah pun membuat Anda bisa melakukannya dengan cepat tanpa harus mengantre di Samsat.

0 Response to "Mudahnya Cara Bayar Pajak Motor Secara Online"

Poskan Komentar