Ini Cara Cepat Belajar Motor Kopling

Mau tahu cara cepat belajar motor kopling yang tepat ? Yup, teknik mengendarai motor kopling memang berbeda denga matic karena menggunakan sistem gigi yang membutuhkan konsentrasi dan pergerakan yang tepat saat berkendara. Meski terlihat lebih rumit daripada motor matic, ada cara mudah yang bisa Anda terapkan dan dapat dilakukan sendirian, asal kamu berani yach !

Kawan tips otomotif tentu ingin mahir mengendarai motor laki yang kebanyakan menggunakan kopling dalam proses manual pergantian gigi percepatan, nah tentu tidak percaya diri ketika Anda tidak bisa menaiki motor dengan kopling, iya tidak ? Maka perhatikan betul tips belajar motor kopling yang cepat dan mudah ini oke !

Cara Cepat Belajar Motor Kopling


Meski motor matic laris manis di pasaran, motor kopling tetap memiliki peminat. Bukan hanya biasa diguanakan pada motor bebek, sistem kopling juga banyak dipakai pada jenis motor sport yang masih ramai peminat. Untuk Anda yang ingin cepat menguasai berkendara dengan motor kopling, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda terapkan:

1. Kenali setiap bagian motor
Sebelum mulai belajar berkendara, kenali setiap bagian motor yang Anda gunakan. Rata-rata, motor kopling memiliki bagian pengatur gas pada setir kanan, rem depan di dekat gas, tuas kopling di depan setir kiri, rem di posisi depan kaki kanan, dan pedal gigi di posisi depan kaki kiri. Kenali setiap bagiannya dan ketahui cara menggunakannya. 



2. Ketahui langkah sebelum menyalakan mesin
Pasang kunci dan arahkan pada posisi ON. Sebelum mulai menyalakan mesin, pastikan agar gigi belum masuk (masih pada kondisi normal). Kondisi ini ditandai dengan indikator N yang menyala. Jika gigi tidak dalam posisi netral, kurangi hingga pada posisi N dengan menekan tuas kopling di kaki kiri bagian belakang.

3. Mulai nyalakan mesin
Tekan tombol starter atau turunkan tuas starter menggunakan kaki sambil gas secara perlahan. Pada posisi gigi netral, motor tidak akan berjalan meski digas. Kemudian, panaskan mesin sebelum menjalankan motor.

4. Masukkan gigi dan jalan secara perlahan
Untuk menjalankan motor, tarik tuas kopling dan masuk pada gigi 1. Setelah itu, Anda perlu melepaskan tuas kopling sambil memutar gas secara perlahan. Pastikan untuk melakukannya secara perlahan dan tidak cepat-cepat atau mendadak. Di posisi gigi 1 ini, Anda bisa mulai berjalan secara perlahan.

5. Ganti ke gigi 2 untuk meningkatkan kecepatan
Gigi motor Anda perlu ditambah untuk menambah kecepatan. Caranya, kembali tarik tuas kopling dan tahan terus. Setelah itu, masuklah pada gigi 2. Dengan cara ini, motor akan berjalan lancar. Sedangkan untuk mengurangi gigi, Anda perlu mengurangi kecepatan dan menarik serta menahan kembali tuas kopling. Setelah itu, baru kurangi gigi seperti yang diinginkan.

Berkendara dengan motor bersistem gigi ternyata bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Hafalkanlah setiap langkahnya untuk memudahkan Anda menguasai cara cepat belajar motor kopling.

0 Response to "Ini Cara Cepat Belajar Motor Kopling "

Poskan Komentar