Urgensi Fungsi dan Cara Kerja Karburator pada Mobil

Ingin tahu fungsi dan cara kerja karburator pada mobil? Memahami cara kerja bagian mesin kendaraan Anda memang bisa menjadi salah satu  cara untuk memahami kondisi mobil Anda. Sama halnya dengan bagian penting dalam mobil, karburator memiliki fungsi sentral di dalam mesin.

Karburator merupakan bagian mesin dalam kendaraan yang membantu proses pembakaran yang melibatkan udara dan bahan bakar. Ada banyak fungsi karburator sesuai dengan bagian-bagiannya.

Fungsi Utama Karburator 

karburator mobil merek hitachi
Gambar karburator yang terpasang pada mobil, kredit gambar: www.flickr.com

Sebagai bagian mesin yang berfungsi dalam sistem pengabutan, karborator juga memiliki peran khusus untuk mengatur udara yang masuk ke bagian pembakaran, mengatur agar bahan bakar masuk ke dalam bagian pembakaran dalam jumlah yang pas, dan mengombinasikan udara dan bahan bakar agar bisa tercampur dengan merata.

Fungsi Bagian-Bagian Karburator 

Selain memiliki tiga fungsi khusus, setiap bagian karburator juga memiliki fungsi yang saling berkaitan. Bagian pertama diawali dengan mangkuk karburator yang berfungsi sebagai wadah penyimpanan bahan bakar yang akan digunakan oleh mesin. Kemudian, dilanjutkan dengan klep pelampung yang memiliki peran sebagai pengatur jumlah bahan bakar pada karburator.

Untuk menjaga isi bahan bakar yang ada di dalam mangkuk, karburator dilengkapi pelampung. Selanjutnya, ada sekrup udara untuk mengatur jumlah udara yang akan dikombinasikan dengan bahan bakar dalam mesin. Karburator juga dilengkapi dengan katup cuk yang berperan pada waktu mesin dinyalakan agar udara yang terhisap bisa dikunci.

Cara Kerja Karburator 

Karburator menjalankan tugasnya saat mesin dinyalakan. Awalnya, bagian yang berfungsi sebagai pengisap udara akan memasukkan udara dari luar. Bagian dalam karburator atau yang sering disebut dengan spuyer memperoleh tekanan udara kecil, sehingga bahan bakar yang dikeluarkan pun sedikit. Kombinasi antara bahan bakar dan udara akhirnya menghasilkan gas yang akan memasuki proses pembakaran.

Sejarah Singkat Karburator

Karburator pertama kali diperkenalkan oleh Karl Benz di tahun 1885. Namun, pertama kalinya karburator digunakan pada mobil baru pada tahun 1896. Karbrator digunakan pada kendaraan berbahan bakar bensin, tetapi seiring perkembangan zaman kini banyak mesin yang menggunakan sistem injeksi untuk tujuan efisiensi.

Sedikit informasi mengenai karburator bisa menjadi tambahan pengetahuan untuk Anda yang ingin memahami kondisi mesin mobil lebih baik lagi. Dengan mengetahui fungsi dan cara kerja karburator pada mobil ini, Anda bisa melakukan perbaikan dan perawatan secara baik karena telah memahami tiap bagian yang mungkin bermasalah.

0 Response to "Urgensi Fungsi dan Cara Kerja Karburator pada Mobil"

Poskan Komentar