Cari Tips Merawat Mobil Bekas? Ini Solusinya!

Ingin mobil bekas Anda tetap tampil kinclong dengan performa mesin yang tak mengecewakan? Tips merawat mobil bekas yang tepat bisa sangat membantu Anda mewujudkannya. Penanganan yang benar memang menjadi salah satu modal utama untuk menjaga agar mobil Anda tetap panjang umur meski tidak dalam keadaan baru.

5 Cara Merawat Mobil Bekas Agar Tetap Prima

Mobil bekas sedan Timor yang masih kinclong luar dalam, kredit gamber: id.wikipedia.org

Mobil bekas memang banyak dipilih karena harganya yang lebih terjangkau  dan kondisinya yang masih bagus. Meski demikian, cara perawatan yang salah bisa menyumbang banyak akibat yang berpengaruh pada kondisi dan keawetannya. Untuk itu, Anda perlu memerhatikan cara yang tepat untuk merawat mobil second agar awet dan tetap kinclong, simak 5 tips merawat mobil second dari tim otokawan berikut:

1. Cek kondisi mobil secara berkala 

Mobil bekas tentu membutuhkan perhatian yang ekstra untuk memastikan kondisinya tetap baik. Tak hanya memerhatikan mesin dan body, lihat pula bagian bawah mobil, seperti ban, skok, dan sil-sil. Bagian rem juga tak kalah penting untuk diperhatikan.

2. Ganti oil secara berkala 

Pergantian oli juga sangat penting dilakukan untuk menjaga kondisi mobil bekas agar mesin tetap dalam keadaan prima. Oli yang tidak diganti akan membuat mesin cepat rusak akibat gesekan yang terjadi. Gantilah mesin secara berkala dengan menyesuaikan kondisi kendaraan dan jarak tempuh.

3. Cek kondisi radiator

Selain bagian luar mobil, rem, dan oli, kondisi radiator juga perlu diperhatikan. Pasalnya, radiator merupakan salah satu bagian terpenting dalam kendaraan sebagai pendingin suhu. Air radiator juga perlu diganti secara berkala.

4. Lakukan tune up dua bulan sekali 

Tune up dilakukan untuk menjaga agar bahan bakar, oli, filter, dan busi tetap dalam kondisi baik. Lakukanlah tune up sekitar dua bulan sekali untuk menjaganya agar mobil tetap dalam kondisi prima. Selain itu, ganti juga timing belt setiap jarak tempuh sekitar 40.000 km.

5. Jaga catnya dengan baik

Tak hanya memerhatikan kondisi mesin, Anda juga perlu menjaga cat agar tetap tampak kinclong. Hal ini dilakukan agar mobil bekas Anda tetap tampak keren meski tidak baru. Hindari terkena air hujan terus-menerus karena zat asam yang ada di dalamnya bisa mengikis cat secara perlahan.

Selain tips tersebut, jangan lupa juga selalu servis mobil bekas Anda secara berkala di bengkel priofesional. Dengan tips merawat mobil bekas yang tepat dan bantuan profesional, Anda bisa memperpanjang usia kendaraan agar kualitas dan penampilannya tetap tak mengecewakan.

0 Response to "Cari Tips Merawat Mobil Bekas? Ini Solusinya!"

Poskan Komentar