Mudahnya Cara Pengecatan Mobil yang Baik dan Benar

Ingin punya mobil mengkilap tanpa harus membeli yang baru? Informasi mengenai cara pengecatan mobil yang baik dan benar bisa membantu Anda mewujudkannya. Tak hanya bisa membantu mobil Anda tampak baru, karatan yang mengganggu penampilan juga bisa disembunyikan dengan cara yang tepat.
Pengecatan mobil untuk yang berjiwa seni, kredit gambar: pixabay.com

Mengecat mobil memang sejatinya dilakukan oleh tukang cat yang menguasai teknik-tekniknya. Namun, jika Anda ingin mengetahui dan mencoba langkah-langkah mengecat mobil sendiri, ada tiga langkah mudah yang bisa Anda perhatikan.

 Menyiapkan bahan

Hasil mengecat mobil yang memuaskan tak hanya dipengaruhi oleh teknik yang tepat. Anda juga perlu menyiapkan berbagai bahan dan peralatan untuk menyukseskannya. Pertama, siapkan kompresor, spray gun, amplas berbahan kertas dengan tektur kasar dan halus, poxy, dan scrap untuk membantu pada tahap pengolesan dempul. Pilihlah peralatan berkualitas yang bisa digunakan oleh bengkel-bengkel profesional.
Selain itu, sediakan juga bahan-bahan yang digunakan, mulai dari dempul berkualitas, cat duco dengan warna pilihan, clear atau varnish untuk cat akhir, dan tinner. Cat yang Anda pilih tentunya perlu disesuakan dengan budget dan kualitas yang diharapkan. Anda bisa memilih jenis Poly Urethane dengan harga dan kualitas yang tinggi atau Lacquer dengan harga paling terjangkau dan kualitas yang tidak terlalu memuaskan.

 Mendempul mobil

Setelah menyiapkan bahan, tahap selanjutnya adalah mendempul mobil. Pertama, gunakan amplas untuk membersihkan bodi mobil yang akan didempul. Lanjutkan dengan pengolesan dempul dengan perlahan dan merata pada seluruh permukaan. Jika sudah kering, sempurnakan dengan proses pengamplasan kasar dan dilanjutkan menggunakan amplas halus.

 Mengecat mobil

Mengecat mobil perlu diawali dengan membersihkan seluruh permukaan yang akan dicat. Setelah itu, gunakan spray gun untuk mengecat dengan gerakan konstan arah kiri kanan atau bawah atas. Proses pengecatan membutuhkan ketelatenan karena harus dilakukan secara terus-menerus tanpa berhenti. Pastikan saat mengecat Anda mengatur jarak yang pas agar hasilnya bisa merata dan halus. Pastikan gerakan saat mengecat tidak terlalu cepat karena hasil bisa tidak merata dan tidak terlalu lambat karena hasil akan terlalu tebal.

Setelah semua permukaan selesai dicat, ulangi tahap pengecatan untuk mendapatkan hasil optimal. Di tahap akhir, gunakan clear atau varnish agar hasilnya makin mengkilap. Untuk mendapatkan hasil maksimal, terapkan cara pengecatan mobil yang baik dan benar dengan kualitas bahan dan alat yang terpercaya.

0 Response to "Mudahnya Cara Pengecatan Mobil yang Baik dan Benar"

Poskan Komentar