Cara Membersihkan Karburator Sepeda Motor Paling Simple

Cara membersihkan karburator yang tepat ternyata bisa dilakukan dalam beberapa langkah mudah. Jika dilakukan secara tepat, Anda pun bisa menghilangkan zat asing yang ada di dalam karburator.Tanpa bantuan tangan profesional, Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah.
Gambar komponen bagian dalam karburator, kredit gambar wikipedia.org
Karburator merupakan salah satu bagian terpenting dalam mesin motor. Fungsinya yang berhubungan dengan bahan bakar membuatnya perlu dirawat dan dibersihkan secara berkala. Mau tahu caranya? Simak beberapa langkah membersihkan karburator yang bisa Anda coba berikut ini:

• Awali dengan membersihkan filter

Filter merupakan salah satu bagian yang sangat berisiko kotor dan berkarat. Karena itu, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan bagian filter. Lepas filter kemudian bersihkan seluruh permukaannya dengan air bersih. Jika perlu, gunakan cairan pembersih untuk menghilangkan semua kotoran yang bandel menempel. Setelah itu, keringkan filter yang telah dibersihkan.

• Gunakan penyemprot untuk seluruh bagian karburator
Setelah filter, seluruh bagian karburator perlu dibersihkan dengan sempurna. Sebelum membersihkannya, lepas baut-baut yang menempel pada karburator. Setelah semua bagiannya terbuka, bersihkan karburator menggunakan kuas. Untuk menjangkau bagian yang tersembunyi, gunakan botol penyemprot agar kotoran mudah terangkat.

• Hati-hati saat membersihkan spuyer

Spuyer juga mnjadi salah satu bagian yang penting pada karburator. Karena itulah untuk membersihkan bagian yang satu ini, Anda perlu lebih berhati-hati. Siapkan amplas untuk mengangkat zat-zat atau kotoran yang menempel di permukaannya. Pastikan agar Anda tidak merusak bagian spuyer yang sangat penting untuk mesin.

• Pasang kembali setelah bersih

Setelah semua bagian karburator Anda bersih, pasang kembali ke tempat semula. Namun, pastikan agar seluruh permukaannya telah kering. Saat memasang, perhatikan posisi dan jarak yang tepat agar mesin dapat kembali berjalan normal.

• Bersihkan dua bulan sekali

Langkah-langkah membersihkan karburator tersebut perlu Anda lakukan secara berkala sekitar dua bulan sekali. Tak hanya membantu memperpanjang usia sepeda motor, cara mudah tersebut juga akan membuat mesin dapat bekerja semakin maksimal.

Dengan beberapa langkah tersebut, Anda bisa merawat sepeda motor sendiri dengan mudah dan optimal. Meski demikian, jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat membersihkan bagian ini. Pasalnya, penanganan yang salah tentunya akan memberikan dampak negatif untuk kendaraan. Cara membersihkan karburator yang mudah dan tepat ini tetap wajib dicoba dan diterapkan pada motor kesayangan Anda.

0 Response to "Cara Membersihkan Karburator Sepeda Motor Paling Simple"

Poskan Komentar