6 Cara Cuci Karpet Mobil Anti Ribet

Cara cuci karpet mobil yang diterapkan secara tepat bakal membantu kondisi di dalam mobil Anda semakin bersih dan nyaman. Pasalnya, karpet merupakan salah satu bagian penting di dalam mobil yang diperlukan untuk kenyamanan, kebersihan, sekaligus keindahan interior mobil Anda.

mencuci karpet mobil
Gamber karpet mobil setelah dicuci, kredit gambar en.wikipedia.org

Sama halnya dengan bagian mobil lain, karpet perlu dicuci secara berkala untuk mempertahankan kebersihannya. Apalagi, karpet memang diletakkan di bawah, sehingga risiko kotornya lebih cepat. Untuk membersihkannya, ternyata diperlukan cara khusus agar kotoran terangkat dengan sempurna.

1. Keluarkan karpet dari dalam mobil

Untuk bersih yang menyeluruh, pastikan Anda mengeluarkan karpet dari dalam mobil. Sisa-sisa debu atau kotoran yang ada di bawah karpet pun bisa Anda bersihkan setelah mengeluarkannya.

2. Basahi karpet dengan air bersih

Sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya, rontokkan debu dari dalam sela-sela karpet menggunakan air bersih. Guyur air bersih secara merata ke seluruh permukaan karpet. Biarkan debu-debu bercampur dengan air agar nantinya lebih mudah dibersihkan.

3. Oleskan sabun pembersih pada bagian yang kotor

Biasanya, pada karpet terdapat bagian-bagian yang sangat kotor. Anda bisa mengoleskan sabun pembersih pada permukaan yang terkena noda. Pada noda yang membandel, oleskan sabun pembersih lebih tebal dan merata. Anda bisa memilih sampo mobil atau sabun cair.

4. Sikat untuk mengangkat noda

Setelah diolesi dengan sabun, sikat bagian yang kotor dengan sikat cuci. Sikatlah dengan kuat, tetapi sesuaikan pula dengan bahan karpet. Noda yang sudah lama menempel akan lebih sulit dibersihkan. Oleh karena itu, segera bersihkan karpet mobil jika terkena noda yang tampak jelas, sepeti kopi, lumpur, dan lainnya.

5. Bilas dengan air bersih

Noda yang terangkat berkat bantuan sabun perlu dibilas menggunakan air bersih agar busanya terangkat. Namun, jika setelah dibilas masih ada noda yang membandel, ulangi langkah pembersihkan dengan mengoleskan sabun pembersih. Saat membilas, usahakan agar busa hilang sempurna agar bersihnya semakin maksimal.

6. Keringkan karpet

Untuk mengeringkan karpet, tidak perlu menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung. Cukup jemur pada tempat yang berangin agar keringnya pun dapat maksimal tanpa membuat warna menjadi pudar. Tak hanya perlu memiliki karpet bersih, Anda juga perlu memertahankan warnanya agar tetap tampak indah.

Untuk memaksimal kebersihannya, segera bersihkan karpet yang terkena noda. Selain itu, bersihkan juga karpet mobil Anda secara berkala. Terapkan 6 cara cuci karpet mobil super mudah untuk memiliki mobil idaman yang indah plus nyaman.

0 Response to "6 Cara Cuci Karpet Mobil Anti Ribet "

Poskan Komentar